Rabu, 05 Juni 2019

SITUS RINI


Selepas bakti situs dilingga suru, kami (saya from asta gayatri, mas ferry Riyandika from BALETAR dan eko dari POKDARWIS LAWANG WENTAR) melanjutkan bakti situs ke situs rini. Menurut mas ferry riyandika situs rini adalah sebuah prasasti. Dan memang untuk Prasasti Rini sendiri belum terbaca. Hingga saya pun semangat sekali.


Tepatnya di Dusun Bebekan, Desa Doko, Doko, Kab. Blitar. Setelah melintasi Sungai Rini, kami pun tiba diPrasasti tersebut. Berada didalam cungkup, tepat di pinggir jalan dusun. Prasasti Rini sendiri di rawat oleh komunitas masyarakat Hindu asli Blitar, yang mungkin sudah memeluk Hindu turun temurun sejak masa silam. Dan juga prasasti tersebut dikeramatkan oleh masyarakat setempat sebagai sebuah punden.


Pembacaan versi saya.


Dapat disimpulkan bahwa isi dari Prasasti rini adalah sebuah inskripsi yang merujuk pada angka tahun caka 1159, atau setara dengan 1237 masehi. Era ini adalah era kerajaan tumapel bisa dibilang singosari atau singhasari. Yang menurut pararaton dan negarakretagama adalah masa pemerintahan Bhatara Anusapati yaitu raja kedua dari kerajaan Tumapel.

Sebuah cuplikan vidio saat bakti disitus rini.

Tidak ada komentar: