Sabtu, 20 Juli 2019

Situs boso


Berawal dari sebuah tayuh saat melakukan perjalanan asrtal disalah satu situs di kediri.
Tergambar jelas seorang tokoh wayang, layaknya kita menonton film di bioskop. Ialah seorang tokoh begawan mintorogo yang sebelumnya juga sudah saya visualisasikan menjadi lukisan di rumah saya.


Tanpa pikir panjang saat kopdar bersama temen - temen asta gayatri, dan kebetulan saat itu kedatangan tamu dari kepala suku mahija wengker yaitu kang ari tyas. Saya langsung menanyakan kepada para pendekar mblusuk yaitu kang heyu selaku ketua asta gayatri dan kang miko selaku sesepuh. Apakah ada suatu batu bergambar tokoh wayang?. Kebetulan momentum pembahasan waktu itu juga pas. Jadi mereka juga langsung memberi tahu tentang keberadaan batu tersebut.

Situs watu wayang, adalah sebuah batu besar bergambar tokoh wayang yang berada di lereng bukit sebuah gunung dan di sebuah hutan bernama alas boso. Dan untuk kesini medannya lumayan sulit. Karena harus menyebrangi aliran sungai dan harus memanjat sebuah tebing kurang lebih tingginya tiga meteran.

Ditemani seorang temen dan anaknya yang notabene hobbynya sama yaitu perjalanan spiritual, akhirnya sampailah kami di situs watu wayang.
Entah itu sosok begawan mintorogo (arjuna) ato bukan, karena saya bukan pakarnya wayang. Karena untuk melukis atau menggambar sebuah gambar wayang itupun ada pakem / aturannya. Tapi dalam hati, saya tetap meyakini bahwa situs ini adalah gambaran seorang tokoh begawan mintorogo atau arjuna.







Bagi yang ingin mengunjungi... Silahkan klik PETA LOKASI


Sepulang dari situs watu wayang, kami pun mampir ke prasasti boso.
Kebetulan yang letaknya tak jauh dari situs watu wayang. Berada dikebun karet alas boso dan dekat aliran sungai yg ber air terjun.
Sayang tak ada jupel yg merawat.
Terus terang, prasasti boso adalah termasuk daftar situs terfavorit dan sering saya kunjungi.
Karena sangat cocok buat perjalanan astral. Dan juga sudah saya posting di facebook juga.






Prasasti yang di tuliskan pada sebuah batu dengan Huruf kwadran kadiri yang Berisikan dengan  "Jatyahatrama"...... yang berarti Kejujuran Keperdulian terhadap rama (guru), hal ini sesuai dengan isi Dasasila yang menyatakan adanya patuh terhadap guru (gurususrusa).

Monggo yang ingin kesini klik PETA LOKASI

Bagi yang ingin tau seperti apa kondisi lokasinya. Silahkan tonton vidionya diatas...

Cuption..
Hidup ini bisa diibaratkan layaknya kita sedang mengendarai sepeda.
Coba kamu hanya duduk di atas sepeda dengan kedua kaki terangkat di sadelnya tanpa sedikit pun bergerak.
Apakah kamu bisa tetap bertahan di atas sepeda itu? Kamu pasti akan oleng dan akhirnya akan jatuh. Begitu pula dengan hidup.
Jika kamu hanya berdiam diri di satu titik dan tidak mau bergerak, maka lama kelamaan kamu akan jatuh juga.
Kamu tidak akan bisa meneruskan hidupmu jika kamu hanya diam.

Tidak ada komentar: