Selasa, 17 Desember 2019

Situs butuh


Terdapat satu bagian candi yang dipundenkan oleh warga setempat. Yaitu sebuah tangga. Mengingat fungsi tangga yang begitu penting dalam menghubungkan satu lantai dengan lantai yang lain, pernahkah kita berfikir sejak kapan tangga diterapkan pada sebuah bangunan?
Menurut buku yang saya baca,  tangga telah ada dan digunakan oleh orang-orang jaman dahulu, bahkan pada masa sebelum Masehi. Keberadaan tangga sendiri ditemui hampir di seluruh kebudayaan di dunia, entah itu kebudayaan Eropa, Afrika, bahkan Asia, termasuk Indonesia.
Berdasarkan penelitian dari sejarawan dan arkeolog, tangga tertua yang pernah dibuat di muka bumi ini ditemukan di Sicily. Tangga ini diperkirakan berusia 480 SM dan menjadi salah satu bagian pada candi dalam peradaban Yunani.
Menurut buku itu, bahwa membangun tangga pun tak bisa sembarangan. Seorang arsitek jaman dulu, dalam membangun sebuah bangunan kerap memberikan fokus utama pada pembangunan sebuah tangga. Bahkan penempatan lokasi, jarak antara anak tangga, serta tingginya pun mengandung makna tersendiri.


Dan bila disini terdapat sebuah tangga, bisa dimungkinkan wilayah ini dulunya ada sebuah bangunan era klasik. Karena menurut pemilik lahan, batu ini sudah ada sejak kakek buyutnya. Beliau hanya disuruh merawat dan memjaganya.


Tak jauh dari situs diatas, terdapat sebuah punden. Warga sekitar menyebutnya Punden mbah bol atau bol mbutuh atau Monas Jawa. Dan ternyata waw…  sebuah bangunan peninggalan era kolonial berbentuk Cerobong Asap. Dan menurut warga sekitar pula, disini pernah ada atau pernah difungsikan sebagai Pabrik Gula pada masa Kolonial Belanda. Dan yang jelas bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1800-an.


Dan kemungkinan, bangunan ini diarsisteki oleh orang Belanda dan dikerjakan oleh penduduk Indonesia.  Dalam buku sejarah SD ku dulu, kerja paksa saat pemerintahan belanda banyak menelan korban jiwa. Mungkin karena kelaparan, disiksa, atau jatuh dari bangunan ini. Pabrik Gula ini hancur pada masa pertempuran antara Belanda dengan warga pribumi.
Berita yang beredar, Monas Jawa ini merupakan cerobong asap pabrik gula peninggalan Belanda yang tertinggi di Pulau Jawa.
Jika tidak percaya, monggo blusuki.



Cuption


Tidak ada komentar: