Kamis, 19 Desember 2019

Situs combong


Sambil menyelam minum air. Sebuah peribahasa yang tak asing. Sambil kerja,  juga sambil mencari jejak peninggalan era klasik. Itulah hal - hal yang saya lakukan setiap hari.
Masih teringat jelas kala itu. Ketika fokus dengan pekerjaan saya, tanpa saya sadari bahwa dirumah tersebut terdapat peninggalan era klasik. Berada di depan rumah warga yang saya service listriknya, terdapat sebuah bak atau jambangan dengan posisi terbalik. Dari beberapa jambangan yang saya temui, bak ini ukurannya rumayan besar. Dan kondisinya jarang terawat. Hal ini disebabkan oleh pergeseran zaman. Tak bisa dipungkiri bahwa media atau perlatan kuno seperti jambamgan ini, sudah tidak difungsikan lagi kegunaanya.



Bergerak ke utara, terdapat sebuah lingga di area persawahan. Sebenarnya ini adalah dokumen blusuk tahun 2016 lalu dan sudah saya posting via media facebook. Namun tidak ada salahnya saya posting kembali dengan beda media, yaitu media blog.
Otak berlogika, karena letaknya tak begitu jauh dengan situs semanding yang saya posting beberapa bulan lalu. Dan disana pernah diketemukan suatu prasasti.
Apakah lingga ini difungsikan sebagai penanda penetapan sima?
Teringat dengan istilah srandu. Srandu adalah suatu garis maya yang apabila dihubungkan dapat menunjukkan luasan daerah yang dibatasi.
Titik - titik itu didapat dari penempatan beberapa lingga patok itu sendiri.
Nah...  Jangan - jangan masih ada yang lain. Perlu blusukan lagi.




Cuption


Tidak ada komentar: